Cerita Bunda Paud

Faktor yang mempengaruhi perkembangan anak terdiri dari faktor internal dan eksternal.

Faktor internal yang mempengaruhi perkembangan bahasa dan kognitif anak yaitu usia anak. Semakin bertambah usia anak maka akan semakin bertambah juga kosakata yang dimiliki anak. Kosakata yang dimiliki anak
mempengaruhi anak dalam berbicara dan berbahasa, semakin banyak kosakata yang dimiliki maka akan semakin baik dalam berbicara.

Pada usia prasekolah anak memiliki peningkatan sebanyak 50% yang berpengaruh pada perkembangan kognitif dan akan semakin bertambah hingga mencapai maksimal pada usia 18 tahun.

Faktor eksternal yang mempengaruhi perkembangan bahasa dan kognitif anak pada
penelitian ini yaitu pendidikan terakhir orang tua. Ibu dengan pendidikan terakhir tinggi akan mengharapkan anaknya bisa menjadi generasi yang lebih baik dari orang tuanya.

Pendampingan, pembelajaran yang tepat, pendidikan yang baik menjadi salah satu penunjang untuk anak mencapai keberhasilan dalam perkembangan bahasa dan kognitif.

Ibu yang memiliki pendidikan tinggi akan memiliki informasi dan wawasan yang lebih luas sehingga dapat melakukan stimulasi yang tepat untuk perkembangan.

Semua diatas adalah secara teori yang ibu baca via internet, realitanya ibu tetap menghargai semua usaha anak ibu dan ayah yang sudah mau bermain, bersekolah (menyekolah diusia dini, agar bs tambah teman, bertambah kamus bahasanya dan tidak malu bila berinteraksi dgn orang lain), dan bertanya banyak hal.

PR besar buat ibu, bila dapat surat cinta dari bu Endah Supeni, bu Dinar Gustini, bu Nita Hanita Pura dan bu Sitinur Halifah. Keisengan saat di kelas yang buat tidak nyaman teman-temannya dan terkadang ke ibu gurunya 🤧🤧. Subhana Alloh syekali 🙈🙊.

Mudah-mudahan masuk ke sekolah kembali bs lbh baik lagi semuanya ya anak ibu dan ayah. Aamiin.

Paud Al Qalam Cic
Yayasan Islam Wisnu Soemarto Sekolah Kebun Al-Qalam

#ibucerita
#challenge_kedua
#challengeorangtua
#stimulasiperkembanganbahasa

Puji Hartono

-Khairunnas Anfa'uhumlinnas -Prajurit Laut Putra Samudera -Jadikan diri kita sebab atas kebahagiaan orang lain -You Will When You Believe -Tidak ada pilihan lain kecuali berniat baik, berfikir, berucap dan bertindak baik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *