Informasi LainnyaSD KebunUncategorized

Bermain Membuat Biopori

Ketua Yayasan sedang bermain biopori bersama teman-teman SD Kebun Al-Qalam

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh, semoga Bunda, Yanda dan Teman-teman Sekolah Kebun Al-Qalam senantiasa sehat, selamat dalam lindungan Ridho ALLAH AZZA WA JALLA, aamiin

Alhamdulillah, Selasa 09 Februari 2021 Pak Puji Ketua Yayasan yang mewadahi Sekolah Kebun Al-Qalam menjadi Guru Tamu untuk berbagi ilmu di kelas 1 SD tentang biopori, manfaat dan cara membuatnya.

Teman-teman yang dirahmati ALLAH SWT, saat ini hampir setiap hari menjelang sore di wilayah Jonggol dan sekitarnya selalu diguyur keberkahan hujan, jika sudah begitu akan banyak genangan-genangan air di sekitar kita. Termasuk diantaranya genangan air di sekolah tercinta kita. Karena itu sangat sesuai, di pagi ini Pak Puji memberikan pengetahuan sedikit tentang biopori.

Biopori adalah lubang silindris (menyerupai tabung) yang dibuat ke dalam tanah secara vertikal sebagai metode serapan air.

Manfaat dari lubang biopori adalah sebagai solusi mengatasi genangan air, supaya air lebih cepat diserap ke dalam tanah, hal ini juga bisa mengatasi banjir lokal di sekeliling rumah.

Teman-teman cukup antusias dalam menyimak pengajaran cara membuat lubang biopori, dari cara paling sederhana hanya dengan menggunakan alat kayu sampai dengan menggunakan alat dari bahan besi yang ujungnya lancip bulat memanjang. Satu persatu teman-teman kelas 1SD praktek langsung cara membuat lubang biopori.

Alhamdulillah, semoga pemgetahuan pagi ini membawa keberkahan, aamiin

Puji Hartono

-Khairunnas Anfa'uhumlinnas -Prajurit Laut Putra Samudera -Jadikan diri kita sebab atas kebahagiaan orang lain -You Will When You Believe -Tidak ada pilihan lain kecuali berniat baik, berfikir, berucap dan bertindak baik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *