Informasi LainnyaKunjungan DinasParentingUncategorized

Workshop Eco enzyme dibuka Camat Jonggol

Assalamu’alaikum ….. Alhamdulillah

Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2021, Sekolah Kebun Al-Qalam dan Kempel Sasarengan menyelenggarakan Workshop Eco Enzyme bersama Bapak Dody Leader Komunitas Eco Enzyme Bandung.

Ketua panitia workshop : Ibu Linda (Bunda Genta, Cyan – SD Kebun Al-Qalam),
MC : Ibu Khumaidah (Bunda Luna – PAUD Al-Qalam),
Tim Praktek :

  1. Ibu Lupi (Bunda Ghibran – SD Kebun Al-Qalam),
  2. Ibu Rizky (Bunda Maher – SD Kebun Al-Qalam)
  3. Ibu Weling (Bunda Arshiya – PAUD Al-Qalam).
    Tim Guru Sekolah Kebun Al-Qalam (PAUD Al-Qalam dan SD Kebun Al-Qalam)

Workshop terbuka untuk umum, workshop diselenggarakan pada hari Rabu, 24 Februari 2021 melalui Zoom Meeting Sekolah Kebun Al-Qalam. Workshop dimulai dari pukul 08.30 sampai dengan pukul 13.00, workshop dibuka oleh Camat Jonggol Bapak Andri Rahman, S.STP., M.Si. Acara dibuka dengan senam bersama “Go Green”. Peserta zoom yang hadir berjumlah 100 peserta, baik dari wali murid Sekolah Kebun Al-Qalam, para undangan dan peserta umum.

Acara berlangsung sukses dan meriah dengan pembagian door prize untuk peserta masuk pertama kali saat room zoom dibuka, peserta yang mengikuti senam bersama, peserta yang dapat menjawab pertanyaan dari tim praktek pembuat eco enzyme dan peserta yang dapat menjawab pertanyaan dari pembawa acara. Door prize berupa 5 buah mug yang dipersembahkan dari Salimah PC Jonggol untuk peserta sekitaran Sekolah Kebun Al-Qalam, 4 voucher pulsa masing-masing senilai Rp. 25.000 untuk peserta luar kab. Bogor

Antusias para peserta untuk langsung dapat mempraktekkan membuat eco enzyme sendiri di rumah, Sekolah Kebun Al-Qalam membagikan molase seberat 500 gram untuk peserta sekitaran Kec. Jonggol sebanyak 25 bungkus. Dengan syarat, peserta yang mendapatkan molase dari Sekolah pada saat proses pembuatan eco enzyme memposting hasil buatannya melalui akun sosial media (FB/ IG/ Youtube) dengan menghastaq :
@Sekolah Kebun Al-Qalam

Sejuta manfaat yang dapat diperoleh dari eco enzyme, tidak hanya bisa digunakan di rumah, untuk perairan, disinfektan, anti septik dll. Proses pembuatan eco enzyme berlangsung dalam waktu 90 hari (3 bulan), dimana 7 hari pertama dilakukan penggadukkan pertama, 30 hari penggadukan ke dua dan 90 hari eco enzyme sudah dapat dipanen dan digunakan. Limbah eco enzyme dapat digunakan untuk perairan air sungai, pembersih kamar mandi, mencengah bau tidak sedap pada kamar mandi, dan pupuk.

Bahan-bahan dan ukuran yang digunakan untuk pembuatan eco enzyme yakni dengan perbandingan:
1 : 3 : 10
Dimana :
1 kg gula aren/molase
3 kg limbah sayur/kulit buah yang masih segar
10 liter air (air hujan, air AC, air PAM dan air mineral).

Dalam proses pembuatannya, eco enzyme sangatlah mudah dan cepat. Krn bahan-bahan yang diperlukan mudah didapatkan.

Puji Hartono

-Khairunnas Anfa'uhumlinnas -Prajurit Laut Putra Samudera -Jadikan diri kita sebab atas kebahagiaan orang lain -You Will When You Believe -Tidak ada pilihan lain kecuali berniat baik, berfikir, berucap dan bertindak baik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *