PAUDSD KebunUncategorized

Read Aloud ‘Bunda-Bunda Al-Qalam’

Assalamu’alaikum…. Alhamdulillah, Read Aloud merupakan salah satu metode membacakan buku untuk anak.

Metode ini diperkenalkan oleh Jim Trelese dalam bukunya The Read Aloud Handbook.

Read Aloud adalah metode mengajarkan membaca yang paling efektif untuk anak-anak karena dengan metode ini kita bisa mengkondisikan otak anak untuk mengasosiasikan membaca sebagai suatu kegiatan yang menyenangkan. Juga menciptakan pengetahuan yang menjadi dasar bagi si anak, membangun koleksi kata/kosakata (vocabulary), dan memberikan cara membaca yang baik (reading role model).

Saat usia emas (golden age), yaitu 0-5 tahun, anak akan dapat menyerap dengan sangat cepat. Dengan potensi yang sedemikian hebat itu, maka mengenalkan anak untuk membaca di usia dini tentunya tidak menjadi masalah, asalkan caranya tidak membuat anak stress bahkan terbebani harus bisa membaca. Yang dilakukan bukan membuat anak bisa membaca, tapi membuat anak suka membaca.

Read aloud dapat dimulai sejak dini, bahkan sejak semester ke-3 kehamilan. Karena itu semakin dini buku diperkenalkan, maka hasilnya akan semakin optimal dalam upaya menumbuhkan kecintaan anak pada buku dengan bonusnya anak akan bisa membaca dengan sendirinya.

Read Aloud dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Bisa di rumah, saat hendak tidur, sepanjang perjalanan berkendara, menunggu pesawat atau kereta api, atau saat menunggu antrian dokter. Yang perlu diperhatikan adalah frekuensi dan konsistensi melakukan read aloud. Rutinitas adalah kunci utama keberhasilannya.

Manfaat read aloud antara lain dapat membangun keterampilan literasi melalui pengenalan bunyi, intonasi, kemampuan mendengar, berbicara, membaca dan menulis.

Read Aloud membantu anak menambah kosa kata, terutama kosa kata bahasa buku yang dipergunakan untuk membaca. Kedekatan orang tua dengan anak juga bisa dicapai karena anak terbiasa dengan suara orang tua dan terdapat β€˜skin to skin contact’ ketika membacakan cerita, serta terdapat juga kedekatan dengan buku. Orang tua yang membacakan cerita kepada anak juga langsung menjadi contoh membaca bagi anaknya (reading role model).

sumber : https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2015/04/read-aloud-metode-membacakan-buku-untuk-anak-anak-4128-4128-4128.

Terima kasih Bunda-bunda SD Kebun Al Qalam kelas 1 dan 2 kami ucapkan πŸ™πŸ™, yang sudah menjadi guru tamu dan membacakan buku untuk teman-teman sholeh dan sholehah. πŸ€—πŸ€—πŸ€—πŸ€—.

Teman-teman sholeh dan sholehah sangat senang, saat melihat video read aloud dari Bunda-bunda loh. Ada yang serius mendengarkan sampai bertanya, kenapa tangannya bergerak-gerak dan ada gambar ditangan yang bergerak-gerak. dan semangat membaca.

Teman-teman dirumah ditemani ayah dan bunda juga seluruh keluarga, bisa juga ikut mendengarkan ceritanya dari Bunda Aliif Gibran, Bunda Tsurayya dan Bunda Magenta.

Yuks, kita saksikan dan mendengarkan bersama-sama teman-teman πŸ€—πŸ€—πŸ€—πŸ€—.

Yayasan Islam Wisnu Soemarto Sekolah Kebun Al-Qalam
Sekolah Kebun Al Qalam Citra Indah City Jonggol

www.sekolahkebunalqalam.com

Puji Hartono

-Khairunnas Anfa'uhumlinnas -Prajurit Laut Putra Samudera -Jadikan diri kita sebab atas kebahagiaan orang lain -You Will When You Believe -Tidak ada pilihan lain kecuali berniat baik, berfikir, berucap dan bertindak baik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *